Seorang Seller Di Jepang Ditangkap karena Menjual Art Ghibli Palsu !


Pada 11 Mei 2017 kemarin, seorang pria berumur 32 tahun ditangkap karena menjual Art Ghibli Palsu. Bukan hanya art Ghibli, barang palsu disini juga berupa ilustrasi yang katanya resmi dari Makoto Shinkai (pembuat Kimi no Na wa / your name.) dan terutama karya Hayao Miyazaki (pembuat beberapa film best seller Studio Ghibli) seperti Kaze no Tani no Naushikaa / Nausicaa of the Valley of the Wind, Tonari no Totoro dan lainnya.
Ia ketahuan telah menjual 279 ilustrasi palsu dengan tanda tangan. Ketika polisi menangkap dirinya dirumah, ditemukan barang lainnya sebuah ilustrasi palsu dengan tanda tangan para kreator yang ditanda tangani Masashi Kishimoto (kreator Naruto), Almarhum Takashi Yanase (kreator Anpanman), Almarhum Shigeru Mizuki (kreator Ge Ge ge no Kitaro) dan kreator lainnya.
Ia ditangkap karena ada yang melaporkannya dari lelang online. Sejak Oktober dan November tahun lalu, ia telah menjual sebuah ‘karya’ oleh Miyazaki dan Shinkai mencapai jutaan yen.
Pembeli, berumur 34 tahun dari Okayama membeli barangnya seharga 17,000 Yen (1,8 juta rupiah). Lalu, pembeli lainnya dari Aichi telah membeli barangnya seharga 7,750 Yen (900 ribu rupiah). Dengan ini sang penjual meraup keuntungan.
Siapa yang ngelaporin si pelaku?? Ternyata Makoto Shinkai yang melaporkan bahwa ilustrasi tersebut adalah ilustrasi palsu, bukan buatan dirinya.
Beberapa netizen memberikan komentar:
  • Lol, siapa yang bakal beli barang ini? Kenapa mereka tidak memeriksa sekali lagi
  • Banyak fans yang menjual autograph hasil fanmeet, namun sayangnya hal ini memang sulit dibedakan
  • Kalau kamu sudah melihat kata – kata ‘Autograph’ siapa yang ngga mau. Sudah pasti hal tersebut ‘asli’
  • hal ini membuktikan sebuah cara yang mudah untuk menghasilkan uang
Nakama tachi sekalian sebaiknya berhati hati sebelum membeli sebuah merchandise pada lelang, lebih baik pastikan lebih dulu apakah barang itu original dan official.

0 comments